Diberdayakan oleh Blogger.

tulisan berjalan

Kamis, 10 November 2011

lintas alam


Ski lintas alam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ski lintas alam
Tartu Maraton 2006-2.jpg
Lomba ski lintas alam Maraton Tartu 2006 di Estonia
Nama lainSki XC
Data lengkap
KategoriLuar ruang dan dalam ruang di terowongan ski
PeralatanPapan skitongkat skisepatu botski binding
Dipertandingkan diOlimpiade1924
Peski lintas alam di Norwegia barat.
Ski lintas alam (bahasa Inggriscross-country skiing) adalah olahraga ski melewati rintangan alam bebas di bukit dan gunung salju. Sebagai bentuk rekreasi, ski lintas alam berarti kegiatan berjalan-jalan dengan menggunakan papan ski. Olahraga ini populer di negara-negara yang memiliki padang salju yang luas, terutama di Eropa UtaraKanadaAlaska, dan Upper Midwest Amerika Serikat.[1]
Ski lintas alam bersama-sama dengan nomor lompat ski dan Nordik kombinasitermasuk cabang olahraga ski Nordik. Berbeda dari ski Alpen yang menuruni bukit, orang melakukan ski Nordik dengan papan ski khusus untuk meluncur di permukaan salju yang datar sekaligus menuruni lereng bukit. Ski lintas alam memakai papan ski yang sempit (5-6 cm) dan ringan.
Teknik ski lintas alam juga dipakai dalam cabang biathlon yang merupakan gabungan dari ski lintas alam dan menembak jitu.[1] Cabang-cabang ski lainnya yang berkaitan dengan ski lintas alam adalah ski orientasi yang menambahkan keterampilan membaca peta navigasi ke dalam ski lintas alam. Cabang ski yang masih bertalian dengan ski lintas alam adalah, ski pedalaman (backcountry skiing) dan ski telemark.

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP